Analisis Faktor Pembentuk Atribut Produk yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Smartphone Android (Survei pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Administrasi Bisnis Universitas

Main Author: NadiaAnastasia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117759/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor yang membentuk atribut produk dalam mempengaruhi keputusan pembelian, serta mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian eksplanatori dengan metode survei. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan angket dengan menggunakan skala Likert. Sampel penelitian adalah sebanyak 116 orang responden yang merupakan mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang.Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis faktor, dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas dari penelitian ini adalah Variabel Desain Produk (X1), Kualitas Produk (X2), Merek (X3), Kemasan (X4), Layanan Pelengkap (X5), dan Jaminan (X6) sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah Struktur Keputusan Pembelian (Y). Setelah dilakukan ekstraksi faktor di dapatkan enam faktor baru, yaitu Faktor Layanan Pelengkap, Faktor Merek, Faktor Citra tentang Produk, Faktor Jaminan, Faktor Kualitas Produk, dan Faktor Sistem Operasi. Keenam Faktor tersebut mempunyai pengaruh bersama-sama secara signifikan dengan nilai Fhitung 11,563 dan tingkat signifikansi 0,000. Secara parsial Faktor Layanan Pelengkap, Faktor Merek, dan Faktor Jaminan merupakan faktor yang berpengaruh tidak signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian karena memiliki tingkat signifikansi > 0,05. Faktor Citra tentang Produk, Faktor Kualitas Produk, dan Faktor Sistem Operasi merupakan faktor yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian.