Analisis Break Even Point Sebagai Salah Satu Alat Perencanaan Penjualan (Studi Pada Ud. Karya Pala Kediri)
Main Author: | Hasbullah, Rizal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/117719/ |
Daftar Isi:
- Analisis break even point adalah suatu alat atau teknik yang digunakan oleh manajemen untuk mengetahui tingkat penjualan tertentu perusahaan sehingga tidak mengalami laba dan tidak pula mengalami kerugian. Dengan menghitung seluruh biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan maka akan mendapatkan biaya tetap dan biaya variabel perusahaan yang menjadi dasar untuk menghitung titik impas perusahaan. Hal ini sangat berguna bagi perusahaan agar perusahaan dapat mengetahui hasil penjualan yang harus dicapai agar perusahaan tidak mengalami kerugian. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran kepada perusahaan agar dapat merencanakan penjualan dengan tepat. Dalam melakukan perencanaan penjualan tentu harus diketahui terlebih dahulu titik impasnya, maka penerapan analisis break even point dapat digunakan untuk merencanakan perencanaan penjualan. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif. Hasil analisis yang dilakukan di perusahaan UD. Karya Pala pada tahun 2014 dapat diketahui Pemisahaan terhadap biaya semivariabel kedalam biaya tetap dapat diketahui biaya tetap sebesar Rp. 161.495.097 dan biaya variabel sebesar Rp. 3.620.042.921 dengan rasio kontribusi margin sebesar 21,61%, sedangkan BEP dalam rupiah dalam penjualan tahun 2014 adalah sebesar Rp. 747.164.338 atau pada tingkat penjualan 21.348 ikat. Perhitungan MoS dan DoL didapatkan MoS sebesar 83,8% dan DoL sebesar 1,379. Perusahaan menginginkan kenaikan laba sebesar 20% maka penjualan yang harus dia capai adalah sebesar 136.204 ikat. Berdasarkan hasil analisis, analisis break event point dapat menjadi salah satu alat yang dapat dipertimbangkan oleh perusahaan untuk menerapkannya dalam perusahaan. Kata Kunci: Break Event Point, Penjualan, Biaya,