Pengaruh Country of Origin dan Global Brand Image Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Yang Membeli Smartphone Samsung Galaxy di Asia Tenggara)

Main Author: Tati, PutriWahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117668/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Country of Origin dan Global Brand Image terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian serta untuk mengetahui perbedaan persepsi antara konsumen di Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Thailand. Variabel bebas yang diteliti, yaitu Country of Origin dan Global Brand Image, sedangkan, variabel antara dan variabel terikat yang diteliti, yaitu Minat Beli dan Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan, yaitu penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 151 orang dan teknik sampling yang digunakan adalah quota sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis path, dan One-way ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Country of Origin memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Minat Beli, namun Country of Origin tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Global Brand Image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian. Minat Beli juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Secara gabungan, Country of Origin dan Global Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan adanya perbedaan persepsi terhadap Minat Beli antara konsumen di negara Malaysia dengan negara Thailand, namun tidak ditemukan adanya perbedaan persepsi terhadap Country of Origin, Global Brand Image, dan Keputusan Pembelian antara konsumen di negara Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Thailand.