Pengaruh e-Tax Terhadap Kualitas Pelayanan dan Kepatuhan Wajib Pajak (Studi atas Wajib Pajak pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang)

Main Author: NovitaAriSanti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117623/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas e-Tax terhadap kualitas pelayanan. pengaruh kualitas e-Tax terhadap kepatuhan wajib pajak dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder dengan metode menyebarkan kuesioner serta mencatat dokumentasi.Analisis yang digunakan adalah analisis Deskriptif dan Analisis Inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas e-Tax berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kualitas Pelayanan Dinas Pendapatan, dibuktikan dengan nilai koefisien beta sebesar 0,641 dan nilai sig sebesar 0,000 (0,000<0,05). Variabel Kualitas e-Tax terhadap Kepatuhan Wajib Pajak juga berpengaruh secara signifikan dengan nilai koefisien beta sebesar 0,466 dan nilai sig 0,003 (0,003<0,05), sama halnya dengan variabel kualitas Pelayanan Dinas Pendapatan juga berpengaruh sebesar 0,339 dan nilai sig 0,024 (0,024<0,05). Saran bagi Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang agar sistem yang diberikan kepada wajib pajak lebih dikemas secara praktis sehingga akan tidak akan memberatkan wajib pajak dalam melakukan pekerjaannya, diharapkan juga agar Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang dapat memahami kebutuhan wajib pajak dalam melakukan pelayanan sehingga pelayanan yang diberikan akan lebih optimal dan lebih diterima. Bagi wajib pajak juga harus selalu patuh terhadap peraturan perpajakan agar tidak mendapatkan sanksi/denda yang akan memberatkan wajib pajak itu sendiri.