Pengaruh Green Marketing pada Keputusan Pembelian dan Implikasinya terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Produk Ramah Lingkungan Kentucky Fried Chicken (KFC), Gerai Royal Plaza, Surabaya)

Main Author: Rejeki, DenikSri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117611/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian, (2) pengaruh Keputusan Pembelian terhadap Loyalitas Pelanggan, dan (3) Pengaruh Green Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 102 orang responden yang merupakan pelanggan produk ramah lingkungan Kentucky Fried Chicken (KFC), Gerai Royal Plaza, Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel Green Marketing berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian; (2) variabel Keputusan Pembelian berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan; (3) variabel Green Marketing berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan; dan variabel Green Marketing berpengaruh secara tidak langsung dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui variabel Keputusan Pembelian. Oleh karena itu Perusahaan Kentucky Fried Chicken (KFC) harus bisa mempertahankan dan meningkatkan Green Marketing yang diterapkan saat ini agar lebih inovatif guna menjaga kelestarian lingkungan.