Inovasi Administrasi Kepegawaian Dengan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dalam Mewujudkan Good Governance
Main Author: | Pranita, NindrySeptya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/117601/ |
Daftar Isi:
- Kebijakan Pemerintah tentang implementasi electronic government tahun 2003 juga menekankan untuk menggunakan informasi teknologi di instansi pemerintah pusat maupun daerah, yang lebih komprehensif dan terintegrasi. Pemanfaatan teknologi informasi di bidang kepegawaian bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam bidang pengolahan data dan pengelolaan informasi kepegawaian, sehingga mampu memberikan pelayanan kepegawaian yang lebih baik, transparan dan akuntabel. Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian merupakan bentuk kebijakan pemerintah tentang implementasi e-government yang dibuat oleh BKN. Banyak manfaat yang didapat dari sistem informasi tersebut, kemudahan dan kecepatan salah satu manfaatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta menganalisa pelaksanaan SAPK pada sistem KGB online di BKD Kota Batu. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui model analisis Miles, Huberman dan Saldana. Narasumber dalam penelitian ini adalah Kasubbid Formasi dan Pengadaan Pegawai, operator KGB online, penanggung jawab SAPK online, dan operator SAPK di setiap SKPD. Dokumem yang digunakan dalam penelitian ini adalah SOP pelayanan kenaikan gaji berkala dan buku panduan manual SAPK di BKD Kota Batu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BKD Kota Batu telah melaksanakan peraturan pemerintah tentang pengembangan electronic government dengan mengembangkan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian di lingkungan pemerintahan Kota Batu. Sistem pelayanan ini dapat mempermudah pelayanan administrasi kepegawaian, agar pelayanan kepegawaian menjadi prima dan cepat. Dalam penelitian ini peneliti menyarankan perlu meningkatkan koordinasi komunikasi antar petugas secara efektif agar tercipta sinergitas yang baik pada tim, memberikan sosialisasi berkala kepada operator SAPK, menyeleksi petugas yang berlatar belakang IT agar semakin professional pelayanan kepegawaian, menjaga kualitas pelayanan dan sarana prasarana, serta memberikan evaluasi secara berkala agar pelayanan mencapai kualitas yang baik.