Evaluasi Usability Pada Aplikasi Uber Menggunakan Pengujian Usability
Main Author: | Alfiqie, Muhammad Yosa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/11758/ |
Daftar Isi:
- PT UBER Indonesia Technology adalah salah satu perusahaan penyedia layanan ojek online di Indonesia. Saat ini UBER telah mencapai jumlah unduhan sebanyak 100 juta kali. Meskipun aplikasi ini telah diunduh sebanyak 100 juta kali, masih terdapat beberapa pengguna yang memiliki keluhan terhadap aplikasi tersebut yang mengatakan bahwa GPS masih tidak sesuai dengan lokasi pengguna, lalu pengguna yang kesulitan memilih metode pembayaran, dan terdapat pengguna yang sudah membayar namun tidak tercatat pada aplikasi. Dari beberapa umpan balik tersebut maka diperlukan identifikasi lebih jauh mengenai permasalahan usability yang terdapat pada aplikasi UBER, serta pengukuran sejauh mana tingkat usability yang terdiri dari tingkat kemudahan, tingkat kecepatan, tingkat kesalahan, dan tingkat kepuasan. Pengukuran tersebut dapat diketahui dengan cara melakukan evaluasi pada aplikasi UBER. Kemudahan dalam menggunakan aplikasi tersebut dipengaruhi oleh usability yang ada. Penelitian ini memberikan hasil evaluasi untuk mengetahui sejauh mana tingkat usability dengan menggunakan metode pengujian usability. Hasil yang didapatkan setelah dilakukan evaluasi menunjukkan permasalahan usability yang terdapat pada aplikasi UBER antara lain seperti peta pada aplikasi yang kurang akurat, peserta merasa bingung dengan tampilan awal aplikasi yang langsung menampilkan peta, peserta merasa kebingungan saat harus menemukan pengemudi yang dimaksud, dan terdapat kebingungan karena aplikasi menggunakan bahasa Inggris. Selain itu hasil dari perhitungan tingkat usability yang terdiri dari tingkat kemudahan pengguna dalam menyelesaikan tugas adalah 100% yang berarti seluruh peserta berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan, tingkat kecepatan yang dibutuhkan pengguna dalam mencari informasi yang diperlukan adalah sebesar 0,01 goals/sec yang menunjukkan bahwa pengguna dapat menyelesaikan 0,01 tugas setiap detiknya dari total keseluruhan waktu yang digunakan oleh semua peserta yaitu 521 detik, tingkat kesalahan yang dilakukan oleh peserta sebesar 0,13 yang menunjukkan bahwa dari seluruh pengguna hanya melakukan 4 kesalahan dari kemungkinan 30 kesalahan yang dapat terjadi dan tingkat kepuasan pengguna sebesar 40%-50% yang menunjukkan aplikasi UBER mendapatkan nilai C yang berarti aplikasi UBER sudah cukup baik, akan tetapi masih dapat diperbaiki kembali.