Proses Layanan Mandiri (Self Service) Pada Sistem Peminjaman, Pengembalian Dan Perpanjangan Koleksi Dalam Menunjang Kepuasan Pemustaka Di Perpustakaan Universitas Ma Chung
Main Author: | Pravitasari, NoritaDebby |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/117506/ |
Daftar Isi:
- Semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi dan pentingnya informasi dalam dunia pendidikan sehingga menuntut penyedia pelayanan jasa informasi di perpustakaan untuk lebih mudah diakses oleh para pemustakanya. Ketersediaan informasi semakin dituntut sejalan dengan keinginan masyarakat yang membutuhkannya. Kebutuhan masyarakat akan informasi yang cepat, akurat, tepat, mudah, murah dan spesifik inilah yang harus disikapi oleh para pustakawan maupun pengelola perpustakaan. Sikap yang harus ditunjukan adalah dengan menyediakan kebutuhan masyarakat sesuai dengan keinginannya. Oleh karena itu, telah dibentuk sistem secara online dalam beberapa layanan di Perpustakaan Universitas Ma Chung. Salah satunya yaitu layanan berbasis teknologi dengan sistem komputerisasi untuk proses peminjaman, pengembalian dan perpanjangan koleksi secara mandiri (self service) di Perpustakaan Universitas Ma Chung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendiskripsikan, dan menganalisa proses peminjaman, pengembalian dan perpanjangan koleksi secara mandiri (self service) di Perpustakaan Universitas Ma Chung dalam menunjang kepuasan penggguna perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan informan dan data sekunder yang berupa dokumen dari Perpustakaan Universitas Ma Chung. Proses layanan mandiri dalam sistem peminjaman, pengembalian dan perpanjangan koleksi dapat dilakukan dengan komputer pelayanan self service yang ada di perpustakaan Universitas Ma Chung, dan pemustaka juga dapat melakukan pemesanan dan perpanjangan koleksi diluar perpustakaan dengan masuk di website perpustakaan http://lib.machung.ac.id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejak diterapkan sistem layanan mandiri (self service) di Perpustakaan Universitas Ma Chung pada tahun 2012 masih ada permasalahan yang yang ditemui ketika proses peminjaman, pengembalian serta perpanjangan koleksi. Salah satunya yaitu permasalahan dari sistemnya yang pernah error ketika digunakan, lambatnya jaringan internet di Perpustakaan Universitas Ma Chung dan seringkali struk bukti peminjaman yang tidak keluar. Akan tetapi permasalahan-permasalahan yang timbul akibat dari sistemnya tersebut dapat dibantu dengan tanggapnya pelayanan dari petugas perpustakaan sehingga pemustaka tetap merasa puas dan nyaman dengan pelayanan yang diberikan.