Pengaruh Relationship Marketing (Pemasaran Relasional) Terhadap Kepuasan Nasabah Serta Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah (Survei Pada Nasabah Tabungan Bank Central Asia Kantor Cabang Pembantu Dinoyo Ko

Main Author: Sefesiyani, Atika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117463/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Relationship Marketing terhadap Kepuasan Nasabah serta dampaknya pada Loyalitas Nasabah pada nasabah tabungan Bank Central Asia Kantor Cabang Pembantu Dinoyo Kota Malang. Latar belakang dari penelitian ini melihat bahwa persaingan dalam dunia perbankan saat ini semakin ketat sehingga setiap bank harus mampu membuat strategi yang dapat menciptakan kepuasan dan loyalitas nasabah sebagai upaya untuk meningkatkan keunggulan bersaing, oleh karena itu peneliti ingin mengetahui pengaruh strategi relationship marketing terhadap kepuasan nasabah serta dampaknya pada loyalitas nasabah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research atau penelitian penjelasan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Central Asia Kantor Cabang Pembantu Dinoyo Kota Malang. Sampel sebanyak 116 orang responden yang berusia minimal 17 tahun, memiliki buku tabungan Bank Central Asia, dan telah menjadi nasabah selama minimal 3 tahun. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Relationship Marketing (X) terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Z) yang ditunjukkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) dengan hasil pada koefisien determinasi (R2) sebesar 50,9%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Kepuasan Nasabah (Z) terhadap variabel Loyalitas Nasabah (Y) yang ditunjukkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Relationship Marketing (X) terhadap variabel Loyalitas Nasabah (Y) yang ditunjukkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) dan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 21,8%.