Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Perusahaan Dan Kepuasan Pelanggan (Survei Pada Wisatawan Taman Rekreasi Selecta Kota Batu)
Main Author: | Saragih, RubenMartyTheofilus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/117436/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap citra perusahaan; (2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan; (3) pengaruh citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan, citra perusahaan dan kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan Taman Rekreasi Selecta dengan minimal kunjungan dua kali. Sampel sebanyak 112 orang responden yang diambil dengan teknik purposive sampling dengan metode pengambilan data menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa: (1) variabel kualitas pelayanan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap citra perusahaan; (2) variabel kualitas pelayanan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan; (3) variabel citra perusahaan berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dengan demikian, Taman Rekreasi Selecta harus tetap mempertahankan kualitas pelayanan sekaligus meningkatkan peran citra perusahaannya dalam rangka memberikan kepuasan pelanggan yang lebih baik.