Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat (Studi tentang Pelayanan Kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di RSD Mardi Waluyo Kota Blitar)

Main Author: Maharani, DyahAnggun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117390/1/SKRIPSI_Dyah_Anggun_M._%28115030600111017%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/117390/
Daftar Isi:
  • Pelayanan kesehatan masyarakat merupakan salah satu bentuk pelayanan publik, dimana pelayanan publik selalu dikaitkan dengan kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah, instansi atau lembaga tertentu untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat agar mencapai tujuan tertentu. Penelitian ini didasarkan pada tugas pemerintah yaitu melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Pelayanan yang diberikan oleh pemerintah di bidang kesehatan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan kesehatan. Kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan pemerintah juga diharapkan baik agar memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. Sehingga penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat melalui BPJS Kesehatan di RSD Mardi Waluyo Kota Blitar. Dalam memenuhi kualitas pelayanan yang ada tentu tidak terlepas dari faktor pendukung dan faktor penghambat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan merupakan data primer yang bersumber dari RSD Mardi Waluyo Kota Blitar. Selanjutnya untuk data sekunder bersumber dari dokumen, petunjuk teknis pelaksanaan BPJS Kesehatan, peraturan perundangundangan yang berlaku tentang pelayanan kesehatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat melalui BPJS Kesehatan di RSD Mardi Waluyo Kota Blitar termasuk baik.diwujudkan dengan menggabungkan tiga indikator prinsip pelayanan prima yaitu kecepatan, biaya dan kesederhanaan. Namun demikian masih terdapat masalah di lapangan terkait pemenuhan kualitas kesehatan yaitu implementasi standar kualitas pelayanan yang masih belum terimplementasikan dengan baik, kesesuaian jumlah pasien dan jumlah tenaga kerja yang tidak sesuai, kesesuaian imbalan dengan beban kerja yang masih belum sesuai, masalah klaim dari pihak rumah sakit dengan BPJS Kesehatan yang cukup rumit, peraturan yang sering berubah-ubah. Untuk itu RSD Mardi Waluyo dan BPJS Kesehatan harus saling bekerjasama untuk meningkatkan kualitas kesehatan bagi masyarakat melalui BPJS Kesehatan di RSD Mardi Waluyo Kota Blitar agar masyarakat selalu sehat.