Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Sikap Konsumen Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 dan 2014 Pengguna Pro

Main Author: Mulyawati, Rizka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117387/1/051504633_-__RIZKA_MULYAWATI.pdf
http://repository.ub.ac.id/117387/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Celebrity Endorser terhadap Sikap Konsumen; (2) pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian; dan (3) pengaruh Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatoory research) dengan pendekatan kuantitatif . Sampel sebanyak 138 orang responden yang merupakan mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya angkatan 2013 dan 2014 pengguna produk perawatan wajah merek Garnier. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik judgement sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebar kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: (1) variabel celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap variabel sikap kosumen dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,662; (2) variabel celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,404; (3) variabel sikap konsumen berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,491. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar produk Garnier mempertahankan celebrity endorser yang dapat menarik perhartian konsumen untuk menggunakan produk Garnier. Atribut yang dimiliki oleh celebrity endorser perlu disesuaikan dengan tujuan pengenalan produk Garnier, antara celebrity endorser dengan manfaat yang dimiliki produk harus sesuai, dengan demikian konsumen akan yakin dengan manfaat produk. Sikap konsumen dapat terbentuk dengan keyakinan yang telah dibuat, sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.