Relationship Marketing Sebagai Upaya Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Studi kasus ekspor Perusahaan Kerajinan Dona Doni Rattan Gallery di Singosari-Malang)

Main Author: Triana, Febri
Format: Thesis NonPeerReviewed Lainnya
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117365/1/051504615_-_Febri_Triana.PDF
http://repository.ub.ac.id/117365/
Daftar Isi:
  • Di era globalisasi saat ini, persaingan bisnis semakin ketat. Masing-masing perusahaan berlomba-lomba untuk menarik perhatian para pelanggan baik dalam negeri maupun luar negeri untuk mengembangkan bisnisnya dan meningkatkan pendapatan perusahaan. Berbagai cara telah dilakukan demi tercapainya visi dan misi perusahaan, salah satu cara yaitu melakukan kegiatan relatonship marketing. Relationship marketing merupakan salah satu bentuk penguatan bagi perusahaan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di era globalisasisaat ini, selain itu relationship marketing juga merupakan salah satu cara yang tepat dalam mempertahankan, menarik, dan meningkatkan pelanggan. Adapun tujuan dari relationship marketing, yaitu menciptakan loyalitas pelanggan yang kuat. Melalui relationship marketing hubungan antara pembeli dan penjual tidak berakhir begitu saja setelah penjualan selesai, dengan kata lain terjalin suatu kemitraan dengan pelanggan eksternal (importir) secara terus menerus yang pada akhirnya akan menciptakan loyalitas pelanggan, sehingga pembelian terjadi secara berulang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan Relationship Marketing pada perusahaan kerajinan Dona Doni Rattan Gallery sebagai upaya mempertahankan loyalitas pelanggan di pasar global. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dengan melakukan wawancara pada pihak-pihak terkait dan data sekunder dari buku-buku, artikel, penelitian terdahulu, serta data pendukung lain yang mempunyai topik bahasan yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan relationship marketing pada perusahaan kerajinan Dona Doni Rattan Gallery dalam mempertahankan loyalitas pelanggan eksternalnya (importir), yaitu dengan cara mengutamakan kepuasan pelanggan eksternal (importir), efektifitas komunikasi dengan pelanggan eksternal (importir), pencapaian tujuan bersama yang saling menguntungkan, dan memperhatikan kualitas layanan perusahaan. Hasilnya, sampai saat ini perusahaan kerajinan Dona Doni memiliki pelanggan eksternal (importir) yang loyal terhadap produk kerajinan Dona Doni Rattan Gallery. Pelanggan ekternal (importir) tersebut berasal dari negara Amerika Serikat, Singapura, dan Jepang. Keloyalitasan pelanggan ditunjukkan dengan pembelian berulang sejak tahun 2008 sampai dengan saat ini.