Analisis Pengaruh International Brand Image, Promosi, Brand Awareness dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Jurusan Administrasi
Main Author: | Febrinasari, NendyDwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/117364/1/051504614_-_Nendy_Dwi_F.pdf http://repository.ub.ac.id/117364/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang dijumpai berkaitan dengan keputusan pembelian konsumen pada Smartphone Android Samsung adalah terjadinya fluktuasi penjualan dalam kurun waktu satu tahun terakhir. International Brand Image, Promosi, Brand Awareness, dan Harga merupakan faktor yang telah diupayakan oleh perusahaan tetapi belum dapat memberikan kontribusi yang maksimal terhadap keputusan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh International brand image, promosi, brand awareness dan harga terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplonatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2011-2014 yang mengetahui, pernah memebeli dan memiliki Smartphone Android Samsung. Sampel sebanyak 116 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan program IBM SPSS Statistic 21. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel International Brand Image, Promosi, Brand Awareness dan Harga secara simultan terhadap variabel Keputusan Pembelian dengan nilai F hitung = 24,632 dan nilai signifikan = 0,000. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial (individu) pada variabel international brand image, brand awareness, dan harga terhadap keputusan pembelian. Sedangkan perhitungan secara parsial variabel promosi terhadap keputusan pembelian menunjukkan hasil yang tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t(0,000)>⍺=0,05.