Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Studi pada PT Petrokimia Gresik)

Main Author: Ichwanda, FitriyahInayah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117343/
Daftar Isi:
  • PT Petrokimia Gresik merupakan salah satu perusahaan pupuk terbesar di Indonesia, yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur. Salah satu tujuan perusahaan yaitu menjadi produsen pupuk dan produk kimia lainnya yang berdaya saing tinggi dan produknya diminati konsumen, sehingga dibutuhkan strategi dalam melakukan pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan perusahaan serta bersaing dengan pesaing baik dari dalam negeri maupun luar negeri dan meningkatkan volume penjualan yang tidak stabil. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan (2) Mengetahui faktor peluang dan ancaman, kekuatan dan kelemahan perusahaan, dan (3) Menganalisis strategi yang tepat digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan ekspor. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, danThreats), dengan matriks EFAS, IFAS, IE, dan Matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Petrokimia Gresik menggunakan strategi STP dan Bauran Pemasaran dalam pemasarannya. Melalui analisis SWOT, diketahui bahwa kekuatan terbesar perusahaan terletak pada kualitas produk yang dimiliki PT Petrokimia Gresik terjamin, sedangkan kelemahan terbesar perusahaan adalah tuntutan untuk memenuhi kebutuhan subsidi. Peluang terbesar perusahaan adalah permintaan pasar tinggi di Asia Tenggara, sedangkan ancaman untuk perusahaan adalah kurangnya dukungan pemerintah untuk melakukan ekspor. Alternatif strategi yang dapat digunakan perusahaan yaitu mempertahankan dan memanfaatkan macam produk, kualitas produk, dan pelayanan purna jual yang dimiliki perusahaan untuk memasuki pasar baru dan menjaga kepercayaan konsumen, mempertahankan kualitas Sumber Daya Manusia yang dimiliki perusahaan, memanfaatkan dermaga dan sarana bongkar muat dengan maksimal untuk melakukan eksportasi, terus melaksanakan kegiatan promosi, melakukan riset pasar, mempererat hubungan antara produsen dengan konsumen, menambah kapasitas produksi perusahaan, membuat pabrik khusus untuk ekspor, dan membeli bahan baku bukan dari trader melainkan langsung dari pemilik sumber bahan baku. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu strategi yang telah diterapkan PT Petrokimia Gresik sudah cukup baik, akan tetapi untuk keberlangsungan kegiatan ekspor perusahaan, perlu ditingkatkan lagi dengan beberapa alternatif strategi yang telah dirumuskan berdasarkan visi, misi, analisis internal dan eksternal perusahaan.