Pengaruh Kualitas Layanan Referensi Terhadap Kepuasan Pemustaka (Studi Pada Perpustakaan Pusat Uin Maulana Malik Ibrahim Malang)

Main Author: Maharani, Ringgar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117340/
Daftar Isi:
  • Salah satu masalah umum yang sering dihadapi perpustakaan perguruan tinggi dalam memberikan layanan jasa informasi adalah ketidakpuasan pemustaka terhadap kualitas layanan referensi yang diberikan. Layanan referensi merupakan salah satu layanan yang berkaitan dengan koleksi rujukan dan jasa membantu pemustaka untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan referensi yang terdiri dari variabel Affect of Service, Library as Place dan Information Control terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan wawancara. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling dengan jumlah sampel sebesar 100 reponden. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan persamaan Y=3,400+0,303X1+0,324X2+0,052X3. Hasil uji F menunjukkan angka yaitu 45,435 dengan signifikansi kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pemustaka. Hasil uji t menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Affect of Service dan Library as Place terhadap kepuasan pemustaka, sedangkan variabel information control tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pemustaka. Hasil uji determinasi pada penelitian ini menunjukkan 57,4% kepuasan pemustaka dipengaruhi oleh Affect of Service, Library as Place dan Information Control, sedangkan 42,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pemustaka dalam penelitian ini adalah variabel affect of service yang memiliki koefisien standar sebesar 0,464. Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim dalam meningkatkan kualitas layanan referensi sebaiknya lebih meningkatkan pembenahan mengenai sumber daya manusia, meningkatkan keragaman kualitas maupun kuantitas koleksinya serta perpustakaan sebaiknya mampu menciptakan ruang dan lingkungan perpustakaan yang nyaman bagi pemustaka.