Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Hedonic Shopping Value Dan Impulse Buying (Survei Pada Konsumen Hypermart Malang Town Square)

Main Author: Ratnasari, VikaAry
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117338/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh store atmosphere terhadap hedonic shopping value; (2) pengaruh store atmosphere terhadap impulse buying; (3) pengaruh hedonic shopping value terhadap impulse buying. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi store atmosphere, hedonic shopping value dan impulse buying. Populasi penelitian ini adalah konsumen Hypermart Malang Town Square. Sampel sebanyak 102 orang responden yang pernah melakukan pembelian minimal sekali dalam satu bulan terakhir yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis). Hasil analisis jalur (Path Analysis) menunjukkan bahwa: (1) variabel store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap variabel hedonic shopping value ; (2) variabel store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap variabel impulse buying; (3) variabel hedonic shopping value berpengaruh signifikan terhadap variabel impulse buying. Dengan demikian, Manajemen Hypermart Malang Town Square sebaiknya mempertahankan indikator store atmosphere seperti pencahayaan, musik, kombinasi warna, jarak antar rak dan pengelompokkan produk yang sudah dinilai baik oleh konsumen, agar konsumen senang dan merasa nyaman saat berbelanja. Keadaan ini akan menyebabkan mereka melakukan pembelian impulsif.