Pelaksanaan Inovasi Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Teknologi Informasi (Studi di Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang)
Main Author: | Hidayati, IntanNur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/117330/1/skripsi_%28Intan_Nur_Hidayati-115030501111011%29.pdf http://repository.ub.ac.id/117330/ |
Daftar Isi:
- Administrasi kependudukan merupakan dokumen penting yang harus dimiliki penduduk guna mempermudah pemerintah dalam melakukan pendataan penduduk yang diarahkan untuk memenuhi hak asasi setiap orang dalam pelayanan publik yang profesional. Untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan yang berkualitas maka Pemerintah Kelurahan Tlogomas pelaksanakan inovasi pelayanan administrasi kependudukan yang berbasis teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsiskan bentuk dan pelaksanaan inovasi serta menganalisa kualitas dan faktor pendukung, penghambat inovasi administrasi kependudukan berbasis IT yang dilaksanakan oleh Kelurahan Tlogomas. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui model analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara kepada Lurah, Sekretaris Lurah Kelurahan Tlogomas sebagai aparatur pemerintah. Kepala Sie Pelayanan Umum, dan perwakilan pegawai Capil sebagai petugas pelayanan, serta masyarakat sebagai penerima pelayanan. Dokumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah SOP pelayanan administrasi kependudukan dan Renstra Kelurahan Tlogomas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dilaksanakannya inovasi berbasis IT dalam administrasi kependudukan yang dilakukan oleh Pemerintah Kelurahan Tlogomas sangat mempermudah masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan. Pada dasarnya inovasi ini hadir karena adanya keluhan masyarakat untuk menerima pelayanan yang sesuai dengan prosedur dan tuntutan Kelurahan Tlogomas untuk memberikan pelayanan yang prima. Sehingga dalam pelaksanaannya, inovasi ini sangat membantu Pemerintah Kelurahan Tlogomas dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Dalam penelitian ini peneliti menyarankan perlu adanya pelatihan baik kegiatan teknis maupun non teknis, optimalisasi penggunaan IT, dan perbaikan sarana prasarana dalam pemberian pelayanan administrasi kependudukan berbasis IT. Hal tersebut dilakukan guna dapat memperbaiki pemberian pelayanan dan meningkatkan kualitas pelayanan. Juga dibutuhkan sosialisasi untuk menginformasikan adanya proses pelayanan baru, sehingga dapat meminimalisir adanya diskresi antara masyarakat dengan pemerintah Kelurahan Tlogomas.