Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Pelayanan Kependudukan (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk)

Main Author: Widyasmara,Marta
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117318/1/051504098_-_Marta_Widyasmara.pdf
http://repository.ub.ac.id/117318/
Daftar Isi:
  • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu perangkat daerah atau dinas daerah yang mempunyai kewajiban dan tanggungjawab menyelenggarakan urusan administrasi kependudukan. Kinerja suatu organisasi dapat dikatakan buruk, baik dan sangat baik dapat diukur dan dilihat dengan menggunakan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Jenis kinerja dibagi tiga yaitu kinerja individu, kinerja proses dan kinerja organisasi. Jenis atau Produk yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk antara lain pendaftaran biodata penduduk, pendaftaran Kartu Keluarga (KK), pendaftaran Kartu Tanda Penduduk (KTP), pendaftaran Akta Kelahiran, Pendaftaran Akta Kematian, pendaftaran Akta Perkawinan, pendaftaran Akta Perceraian, pendaftaran Akta Pengangkatan anak, akta pengesahan anak, akta pengakuan anak dam pembuatan surat pindah. Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Pelayanan Kependudukan (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk), permasalahan yang diteliti meliputi: Bagaimana Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Pelayanan Kependudukan di Kabupaten Nganjuk dan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam memberikan Pelayanan Kependudukan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus dari penelitian ini yang pertama, Kinerja Aparatur yang meliputi Kejujuran, Responsivitas, Tanggung Jawab, Kedisiplinan dan Kenyamanan. Kedua, Proses pelaksanaan pelayanan kependudukan yang meliputi Kejelasan pelayanan, Prosedur pelayanan, Waktu pelayanan, Biaya pelayanan, Sarana dan prasarana. Ketiga, Hasil Pelayanan Kependudukan yang meliputi Jenis/Produk pelayanan yang diberikan, Ketepatan/Akurasi, Keamanan. Keempat, Faktor pendukung dan faktor penghambat Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk. Lokasi penelitian ini di Kabupaten Nganjuk dan situs penelitian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil beralamat di Jl. Panglima Sudirman No. 284. Sumber data meliputi pelaku, dokumen dan kejadian. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, Interview/wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri, pedoman wawancara dan perangkat penunjang. Analisis data menggunakan model analisis data kualitatif Miles, viii Huberman dalam Saldana dengan tiga alur yaitu kondensi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi. Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk dilihat dari kemampuan yang dimiliki aparat dalam pelayanan kependudukan secara keseluruhan sudah cukup baik dan melaksanakan bekerja secara maksimal, karena dalam melaksanakan tugas selalu mengikuti peraturan dan program dari pusat. Para aparat dalam melaksanakan tugas harus menerapkan sikap jujur karena jika ada aparat yang melanggar akan dikenakan sanksi, memiliki responsivitas (daya tanggap) kemampuan aparat mengenali kebutuhan masyarakat, para pegawai juga harus memilik rasa tanggungjawab sesuai kewenangan masing-masing, tingkat kedisiplinan para pegawai sudah baik adanya apel pagi setiap hari bagi seluruh aparat dan melaksanakan tugas sesuai jadwal dan jam kantor. Terdapat juga proses pelaksanaan pelayanan Kependudukan yang meliputi sarana dan prasarana yang lengkap untuk menunjang jalannya pelaksanaan pelayanan kependudukan, kejelasan pelayanan terhadap masyarakat, prosedur pelayanan merupakan alur mengurus dokumen kependudukan yang sifatnya sederhana dan tidak rumit, waktu pelayanan yang harus diselesaikan ketika mencetak dokumen, biaya pelayanan yang gratis mulai tahun 2014 dan memiliki sarana dan prasarana yang lengkap sebagai alat penunjang jalannya pelayanan kependudukan. Selanjutnya, hasil pelayanan kependudukan yang pertama, produk pelayanan yang dihasilkan ialah dokumen kependudukan meliputi KK (Kartu Keluarga), KTP (Kartu Tanda Penduduk), surat pindah dan akta-akta pencatatan sipil. Kedua, ketepatan pelayanan yaitu hasil pencetakan dokumen yang benar, tepat dan sah. Ketiga, keamanan merupakan dokumen kependudukan harus berlandaskan hukum dan memiliki rasa aman bagi masyarakat. Kemudian kenyamanan terdapat pada lingkungan yang bersih, nyaman dan rapi.Terdapat empat faktor pendukung yaitu Sarana dan Prasarana yang lengkap, Sumber Daya Manusia (SDM), sosialiasasi, Adanya diklat atau pelatihan. Serta empat faktor penghambat yaitu perlunya Reward (Imbalan Prestasi Kerja), tingkat kesadaran masyarakat masih rendah di dalam kepengurusan dokumen kependudukan, perlu dibentuk UPT Dinas di Kecamatan wilayah setempat, belum tersedianya komputerisasi maupun jaringan di seluruh Desa Kabupaten Nganjuk. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, saran untuk meningkatkan kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk adalah perlunya Reward (Imbalan Prestasi Kerja) agar para aparat lebih termotivasi di dalam bekerja, memberikan pemahaman terhadap masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan, Perlu tersedianya UPT Dinas di Kecamatan Wilayah setempat, dan Mengadakan pelayanan keliling atau jemput bola pada daerah yang terpencil dan akses sulit menuju ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk mengurus dokumen atau data kependudukan, perlu pembuatan SPP (Standar Pelayanan Publik) yang bertujuan memperjelas penyampaian informasi pada masyarakat.