Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Non-Member Tupperware Di Kota Malang)

Main Author: Agustin, RisnaDwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117255/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Green Marketing terhadap Minat Beli; (2) pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian; dan (3) pengaruh Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 102 orang responden yang merupakan konsumen Non-member Tupperware di Kota Malang yang melakukan pembelian di PT Adicitra Prima Kencana dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket secara langsung di PT Adicitra Prima Kencana. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel Green Marketing berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Minat Beli; (2) variabel Green Marketing berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian; (3) variabel Minat Beli berpengaruh secara langsung signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian. Dapat disimpulkan bahwa Green Marketing mempengaruhi Minat Beli dan Keputusan Pembelian, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Dengan demikian, sebaiknya perusahaan Tupperware terus mempertahankan program pemasaran hijau yang diusung dengan ditunjang untuk terus berinovasi dalam menghasilkan produk plastik yang berkualitas dan ramah lingkungan. Hal ini akan membentuk ketertarikan konsumen terhadap produk Tupperware, sehingga dapat berdampak pada keputusan pembelian konsumen.