Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile E-Commerce Di Indonesia Dengan Menggunakan Ux Honeycomb
Main Author: | Mutiasanti, Salma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/11724/ |
Daftar Isi:
- Pada penelitian ini telah dipelajari user experience dari aplikasi e-commerce yang banyak digunakan di Indonesia. Beberapa isu utama aplikasi e-commerce yang menarik peneliti untuk melakukan studi mengenai user experience adalah mengenai isu keamanan transaksi, navigasi aplikasi, dan kecocokan konten atau gambar dengan representasi produk asli yang dijual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja values yang ditawarkan oleh stakeholder dan apakah values tersebut sudah diterima oleh pengguna. Konsep yang digunakan untuk mengevaluasi adalah ux honeycomb, yang terdiri dari tujuh aspek: accessible, credible, desirable, findable, usable, useful dan valuable. Metodologi penelitian yang digunakan memiliki tujuh sub-tahapan: (1) analisis value proposed, (2) perancangan instrument, (3) validasi instrument, (4) pengambilan data, (5) pengolahan data, (6) analisis dan pembahasan, dan (7) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis value proposed dilaporkan bahwa aplikasi Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Zalora dan Matahari Mall memiliki keseluruhan values yang ada pada ux honeycomb. Pada Bukalapak value accessible dan usable perlu ditingkatkan, Lazada perlu meningkatkan pada value credible, Tokopedia dan Zalora perlu meningkatkan value useful dan Matahari Mall perlu meingkatkan value valuable.