Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop Di Kota Malang)

Main Author: Jamaludin, Achmad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117181/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi online dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Latar belakang dari penelitian ini melihat bahwa penjualan melalui promosi online dan pencantuman harga pada produk yang dijual dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research atau penelitian penjelasan dengan menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 91 orang yang merupakan pelanggan Aryka Shop. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik judgmental sampling. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan variabel bebas Promosi Online (X1) dan Persepsi Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian (Y) yang dapat dilihat dari nilai (sig) F < α yaitu 0,000 < 0,05 serta nilai Adjusted R Square menunjukan angka sebesar 0,430 yang berarti bahwa variabel tersebut memberikan kontribusi sebesar 43% terhadap Keputusan Pembelian. Secara parsial yang dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukan bahwa variabel Promosi Online (X1) mempunyai tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan variabel Persepsi Harga (X2) mempunyai tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa secara parsial Promosi Online (X1) dan Persepsi Harga (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Sementara itu, analisis deskriptif menunjukan bahwa dengan melakukan promosi online dengan baik, makan akan meningkatkan minat seseorang untuk melakukan keputusan pembelian dan serta menciptakan persepsi harga yang sesuai dengan produk yang di tawarkan.