Pengaruh Faktor-Faktor Lingkungan Eksternal terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Survei pada Wisatawan Museum Angkut Batu Jawa Timur)

Main Author: Olivia, DillaFeni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117160/1/051502800_-_DILLA_FENI_OLIVIA%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/117160/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh lingkungan dalam pembentukan perilaku individu khususnya dalam keputusan pembelian yang dalam hal ini adalah produk wisata. Individu dipengaruhi oleh tiga faktor lingkungan yang menyebabkan pembentukan pola perilaku, salah satunya adalah lingkungan eksternal sebagai faktor pendorong utama, sebelum dilanjutkan oleh kedua faktor lainnya. Lingkungan eksternal tersebut meliputi budaya, kelas sosial, kelompok referensi dan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh faktor-faktor lingkungan eksternal secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap keputusan berkunjung wisatawan Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata seluruh jumlah wisatawan yang berkunjung ke Museum Angkut, Batu Jawa Timur terhitung mulai maret 2014 hingga juli 2014, yaitu sebesar 1.929 orang wisatawan dan sampel penelitian dihitung dengan rumus Slovin, sehingga diperoleh 95 responden sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS versi 22. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa budaya, kelas sosial, kelompok referensi dan keluarga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Sedangkan hasil uji t menyatakan bahwa budaya secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan, kelas sosial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan, kelompok referensi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan dan keluarga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan.