Pengaruh Kemudahan Terhadap Kemanfaatan, Minat Dan Penggunaan E-Commerce (Studi Kasus Pada Pengguna Situs Olx.Co.Id)

Main Author: Putra, DimasErnomo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117158/
Daftar Isi:
  • Kemajuan teknologi informasi saat ini membuat semuanya menjadi lebih mudah, salah satunya dalam kegiatan jual beli online. Dengan adanya kemudahan dalam menggunakan teknologi yang bernama internet, semua orang bisa melakukan akses keseluruh dunia dan bisa melakukan perdagangan melalui internet tanpa harus bertemu langsung dengan penjual maupun pembeli. Melakukan perdagangan yang praktis dan cepat akan membuat seseorang akan lebih menggunakan sistem tersebut, sistem yang dimaksudkan adalah e-commerce. Saat ini sudah banyak situs e-commerce yang digunakan oleh semua orang yang ingin mempersingkat waktunya saat melakukan jual beli barang atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan terhadap kemanfaatan, minat dan penggunaan e-commerce. (studi kasus pada pengguna Olx.co.id) dan memberi saran untuk pihak Olx.co.id agar lebih memperhatikan iklan-iklan yang kurang lengkap dalam memberikan informasi barang atau jasa. Berdasarkan pada tujuan penelitian maka metode analisanya adalah dengan menggunakan analisis kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner kepada pembeli/penjual pada Olx.co.id. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, data primer yang digunakan yaitu dengan cara menyebarkan kuisioner secara online kepada para responden, dan data sekunder yang digunakan yaitu berasal dari laporan-laporan, jurnal dan arsip literatur-literatur yang relevan. Analisis yang digunakan adalah analisis path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemanfaatan, minat dan penggunaan Olx.co.id secara simultan. Variabel kemanfaatan memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap minat dan penggunaan Olx.co.id.