Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang)
Main Author: | Andaru, BayuDwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/117115/1/SKRIPSI_%2B_FOTO.pdf http://repository.ub.ac.id/117115/ |
Daftar Isi:
- Pelayanan publik merupakan salah satu aspek penting penunjang citra pemerintah dimata masyarakat, baik pusat maupun daerah. Maka dari itu pemerintah haruslah memberikan pelayanan yang berkualitas sehingga tingkat kepuasan masyarakat meningkat dan sejalan dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah sebagai penyedia jasa layanan. Tingkat kepuasan masyarakat dapat diukur melalui Indeks Kepuasan Masyarakat yang diatur dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 25/KEP/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Penelitian ini dilatarbelakangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang sebagai unit pelaksana pelayanan yang sering bertatap muka dengan masyarakat dalam memberikan sebuah pelayanan. Kepuasan masyarakat ditentukan oleh kualitas pelayanan yang diberikan, salah satu alat ukur yang dilakukan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik yang diberikan dengan menggunakan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dari penyebaran kuesioner, wawancara dan data sekunder dari dokumen yang diperoleh di tempat penelitian, internet dan daftar pustaka lainnya. Teknik pengumpulan data primer dalam penelitian ini ialah menyebarkan kuesioner kepada 150 responden dan beberapa wawancara terhadap masyarakat pengguna pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistic deskriptif dan dihitung menggunakan “nilai rata-rata tertimbang” untuk menentukan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bukti Langsung (Tangibles), Keandalan (Reliability), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty), Daya Tanggap (Responsivenes). penelitian ini bertujuan untuk mengetahuifaktorfaktor apa saja yang dominan mempengaruhi kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan oleh Dispendukcapil Kab. Malang dan Menganalis sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan Dispendukcapil Kab. Malang. Hasil dari penelitian ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang untuk tingkat kepuasan masyarakat memperoleh nilai interval konversi sebesar 64.17 artinya kinerja pelayanan dalam kategori baik. Faktor faktor yang berpengaruh ialah factor sumber daya manusia, lingkungan dan peraturan yang paling dominan di antara faktor yang lain dalam mempengaruhi penilaian IKM