Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Dan Sosialisasi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Membayar Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak (Kpp) Pratama Malang Utara)
Main Author: | Prasetyo, Billy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/117107/1/PENGARUH_KUALITAS_PELAYANAN_PAJAK_DAN_SOSIALISASI_PAJAK_TERHADAP_KEPATUHAN_WAJIB_PAJAK_ORANG_PRIBADI_MEMBAYAR_PAJAK.pdf http://repository.ub.ac.id/117107/ |
Daftar Isi:
- Sumber penerimaan negara yang terbesar berasal dari pajak, penerimaan pajak sangat penting karena pajak digunakan untuk pembangunan Negara, untuk memenuhi kebutuhan belanja Negara dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pencapaian target pajak akan tercapai apabila wajib pajak patuh dalam menjalankan kewajiban pajaknya, namun masih terdapat wajib pajak yang belum melaksanakan kewajiban perpajakannya dikarenakan oleh beberapa faktor, beberapa diantaranya adalah faktor kualitas pelayanan pajak, dan sosialisasi pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, dan sosialisasi pajak secara bersama-sama dan parsial terhadap kepatuhan wajib pajak (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara) Jenis penelitian ini Explanatory dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Malang Utara. Sampel yang diambil sebanyak 124 Wajib Pajak dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Metode analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji simultan, Kepatuhan Pajak atau dapat dikatakan bahwa variabel Pelayanan (X1), Sosialisasi Pajak (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepatuhan Pajak (Y) yang ditunjukan dengan Fhitung lebih besar dari pada F tabel (369.389>3.1106 ). Hasil uji t, variabel kualitas pelayanan (X1) memiliki nilai t hitung sebesar 3.647 lebih besar dari t tabel 1.643, sehingga variabel Kualitas Pelayanan Pajak (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Y). Variabel sosialisasi pajak (X2) memiliki t hitung sebesar 10.409 lebih besar dari t tabel 1.643, sehingga variabel Sosialisasi Pajak (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Y). Saran bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian yang sejenis adalah agar menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi tingkat kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar pajak dan menambahkan jumlah sampel sehingga hasil penelitian memiliki hasil yang maksimal dan baik.