Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan Bagian Teknisi Pt. Toyota Auto 2000 Sutoyo Malang)
Main Author: | Ashshiddiqy, AnwarDana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/117105/1/skripsi_dana.pdf http://repository.ub.ac.id/117105/ |
Daftar Isi:
- Penelitian dengan judul “Pengaruh Pelatihan terhadap Kinerja (Studi pada Karyawan Bagian Teknisi PT. Toyota Auto 2000 Sutoyo Malang)”, dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja karyawan guna pencapaian tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatory research serta metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif. Penelitian jenis ini digunakan untuk menguji hipotesis yang teleh dirumuskan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independen pelatihan dan variabel terikat kinerja. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 karyawan bagian teknisi PT. Toyota Auto 2000 Sutoyo Malang yang telah mengikuti pelatihan. Seluruh populasi yang berjumlah 30 karyawan dijadikan sampel dengan menggunakan teknik sensus. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik regresi linier berganda yang digunakan untuk mengetahui unsur-unsur variabel pelatihan terhadap kinerja pada karyawan bagian teknisi PT. Toyota Auto 2000 Sutoyo Malang dengan cara tabulasi skor hasil penelitian untuk mengetahui rata-rata skor variabel sehingga dapat diketahui seberapa jauh penerapan pelatihan dan seberapa tinggi kinerja yang dapat dicapai karyawan pada tingkat signifikasi < 0,05 dan data diolah dengan menggunakan komputer program SPSS 13 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel terikat (Kinerja) dapat dipengaruhi secara signifikan oleh variabel bebas (Metode Pelatihan (X1) dan Materi Pelatihan (X2)). Hal itu dapat dibuktikan dengan F hitung sebesar 16,304. Sedangkan F tabel (α = 0.05 ; db regresi = 2 : db residual = 27) adalah sebesar 3,354. Karena F hitung > F tabel yaitu 16,304 > 3,354 atau nilai sig F (0,000) < α = 0.05 maka model analisis regresi adalah signifikan. Pengaruh variabel metode pelatihan (X1) dan materi pelatihan (X2) secara parsial juga mempengaruhi variabel kinerja karyawan (Y). Hal ini dibuktikan dengan menunjukkan t hitung = 2,728. Sedangkan t tabel (α = 0.05 ; db residual = 27) adalah sebesar 2,052. Karena t hitung > t tabel yaitu 2,728 > 2,052 atau nilai sig t (0,011) < α = 0.05 maka pengaruh X1 (Metode Pelatihan) terhadap Kinerja adalah signifikan. Sedangkan untuk variabel X2 (Materi Pelatihan) dengan Y (Kinerja) menunjukkan t hitung = 3,349.Sedangkan t tabel (α = 0.05 ; db residual = 27) adalah sebesar 2,052. Karena t hitung > t tabel yaitu 3,349 > 2,052 atau nilai sig t (0,002) < α = 0.05 maka pengaruh X2 (Materi Pelatihan) terhadap Kinerja adalah signifikan pada alpha 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kinerja dapat dipengaruhi secara signifikan oleh Materi Pelatihan atau dengan meningkatkan Materi Pelatihan maka Kinerja akan mengalami peningkatan secara nyata.