Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Blitar)
Main Author: | Nurmalasari, Tika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/117094/1/TIKA_NURMALASARI.pdf http://repository.ub.ac.id/117094/ |
Daftar Isi:
- Peningkatan kualitas pelayanan menjadi sesuatu yang penting jika dihubungkan dengan berkembangnya jaman yang mengakibatkan kebutuhan masyarakat semakin kompleks. Disisi lain pelayanan publik milik pemrintah tidak mengalami perubahan yang berarti. Tingginya tuntutan akan pelayanan publik yang lebih efisien, cepat, dan fleksibel menuntut pemerintah daerah untuk bekerja keras dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Blitar sebagai organisasi yang menyediakan pelayanan publik kepada masyarakat dapat dikatakan berkualitas jika sesuai dengan harapan yang diinginkan masyarakat. Maka diperlukan standar ukur pelayanan untuk mengetahui tingkat kualitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran. Lokasi penelitian pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Blitar. Dengan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Pelayanan publik pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) Kabupaten Blitar sudah memiliki kualitas yang baik, hal ini dibuktikan dengan pelayanan publik yang diberikan pihak KPTSP kepada masyarakat dan investor yang mengurus perizinan dan non perizinan. Dari empat belas item pada indeks kepuasan masyarakat, hampir seluruhnya mendapatkan penilaian baik dan hanya satu item saja yang kurang baik dan perlu ditingkatkan pada pelayanan di KPTSP. Upaya-upaya peningkatan kualitas pelayanan publik yang dilakukan Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Blitar adalah dengan peningkatan pada dimensi mekanisme dan prosedur, sarana dan prasarana, sumber daya manusa dan, orientasi masyarakat sebagai pelanggan. Faktor pendukug peningkatan kualitas pelayanan di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Blitar terdiri dari faktor pendukung internal dan eksternal. Sedangkan faktor penghambat terdiri dari faktor internal dan eksternal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan publik di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupatem Blitar sudah baik. Tetapi perlu peningkatan dalam hal sarana dan prasarana. Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Blitar juga harus meningkatkan kinerjanya, terutama dalam hal kecepatan.