Persepsi Pengunjung Terhadap Keberhasilan Design Website eCommerce

Main Author: Mufied, SAinul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117056/1/SKRIPSI_BAB_I-V_S._Ainul_Mufied.pdf
http://repository.ub.ac.id/117056/
Daftar Isi:
  • Perkembangan jual beli online di Indonesia saat ini cukup pesat dengan hadirnya beberapa website eCommerce yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing di mata konsumen sebagai pengunjung website. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keberhasilan design website eCommerce pada tokobagus.com sebagai obyek penelitian dan untuk mengetahui dan medeskripsikan hasil dari persepsi pengunjung terhadap keberhasilan design website eCommerce. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi di Perumahan Griya Shanta RT 02 RW 12 dengan menggunakan www.tokobagus.com sebagai obyek penelitian. Sampel yang digunakan berjumlah 63 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan menggunakan teknik analisis data distribusi frekuensi. Hasil analisis deskriptif dapat diketahui bahwa pada dimensi appearence menunjukkan bahwa tampilan (halaman website) cukup menarik, warna desain tampilan sangat jelas, kecepatan download tampilan (halaman website) cukup cepat, resolusi gambar cukup seimbang, desain grafis menarik, penempatan ikon cukup benar dan animasi sesuai dengan jenis website jelas. Dimensi navigation menunjukkan bahwa navigasi sangat mudah digunakan, cukup mudah mengontrol navigasi, site map pada website cukup mudah, ketersedian tombol kembali kebelakang benar dan mesin pencarian pada website cukup sulit untuk digunakan. Pada dimensi content dapat diketahui bahwa sebagian besar responden menyatakan bahwa isi konten pada website www.tokobagus.com sangat jelas, kualitas informasi adalah cukup baik, informasi yang diberikan cukup updated, informasi sangat mudah dipahami, memiliki informasi yang benar, dan ukuran gambar pada produk yang disediakan adalah cukup tepat. Persepsi pengunjung pada dimensi shopping process dapat digunakan untuk efisiensi dalam melakukan pembelian, memiliki kemudahan proses belanja, tidak lebih dari lima tahap, ketersediaan informasi mengenai kualitas produk sangat banyak, infromasi untuk proses pembelian benar dan memiliki aspek keamanan dalam pembelian terjamin yaitu sangat tinggi