Pengaruh Kemudahan Serta Kualitas Informasi Terhadap Minat Dan Penggunaan Situs Jual Beli ONLINE (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Berniaga.com

Main Author: Amanusa, AndroKurnia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116986/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Kemudahan Serta Kualitas Informasi Terhadap Minat dan Penggunaan Situs Jual Beli Online (Studi Kasus Pada Pengguna Situs Jual Beli Berniaga.com). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, data primer yang digunakan yaitu dengan cara menyebarkan kuisioner secara online kepada para responden, dan data sekunder yang digunakan yaitu berasal dari laporan-laporan, jurnal dan arsip literature-literature yang relevan. Untuk mengukur dan mengungkap data penelitian dengan tepat penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen, kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen, minat konsumen berpengaruh signifikan terhadap penggunaan situs jual beli Berniaga.com, kemudahan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan situs jual beli di Berniaga.com, Kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap penggunaan situs jual beli Berniaga.com. Hasil analisis dapat diketahui bahwa dengan adanya kemudahan dalam proses mengoperasional transaksi mempengaruhi konsumen untuk menggunakan situs jual beli online. Adanya pengaruh yang signifikan menunjukkan bahwa dengan semakin baiknya kualitas informasi memiliki pengaruh terhadap minat konsumen dalam situs jual beli online, hasil analisis dapat dikatakan bahwa dengan semakin tingginya minat konsumen maka penggunaan situs jual beli Berniaga.com akan mengalami peningkatan, selain itu kemudahan yang diberikan Berniaga.com yang memberikan dalam penggunaaan situs tersebut yaitu mampu meningkatkan produktivitas pengguna, dan variabel kualitas informasi berpengaruh terhadap penggunaan situs jual tersebut karena dengan ketepatan dan keakuratan informasi yang diberikan menjadikan konsumen memiliki kepercayaan untuk melakukan transaksi dengan penggunaan situs jual beli Berniaga.com.