Analisis Lingkungan Bisnis sebagai Dasar Perumusan Strategi Perusahaan dalam Menghadapi Persaingan Global (Studi Kasus pada CV. Kaboel Craft, Desa Kasongan Kabupaten Bantul – Daerah Istimewa Yogyakart

Main Author: Ambarwati, Erni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116960/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/116960/
Daftar Isi:
  • Berekspansi ke kancah internasional menjadi suatu cara bagi perusahaan untuk dapat meyakinkan bahwa produk yang ditawarkan dapat diterima pasar. Hal ini sekaligus memastikan bahwa perusahaan telah melakukan strategi yang tepat untuk dapat menguasai pasar dan melawan para pesaing dalam industri sejenis maupun pesaing dalam industri lain yang berkaitan. Ekspor menjadi suatu pilihan tepat karena tingkat kesulitannya yang relatif rendah dan alternatif risiko yang relatif kecil. Sehingga, tidak jarang banyak industri atau usaha kecil yang menggunakan ekspor sebagai cara untuk memasuki pasar internasional. CV. Kaboel Craft, salah satu Industri Kecil Menengah yang fokus pada industri kerajinan kreatif keramik hias. Berekspansi ke beberapa negara seperti Spanyol, Itali, Belanda, Perancis, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, dan Afrika Selatan memberikan kesempatan maupun ancaman pada pasar internasional. Menghasilkan strategi alternatif yang tepat dan mengimplementasikan pada perusahaan guna menghadapi persaingan global merupakan tujuan dari penelitian ini. Menggunakan alat analisis yang tersedia yakni IFAS dan EFAS sebagai tahap pengumpulan data pada lingkungan eksternal dan internal perusahaan, kemudian dilanjutkan dengan matriks IE dan matriks TOWS sebagai tahap analisis data, dan diakhiri dengan tahap akhir yakni tahap pengambilan keputusan menggunakan matriks QSPM. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun fokus dari penelitian ini antara lain: menganaisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan, merumuskan alternatif strategi yang tepat, dan menetapkan alternatif strategi tersebut pada perusahaan guna menghadapi persaingan global. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara in depth interview dengan responden yang memiliki wewenang, dokumentasi, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan memiliki potensi untuk mampu menghadapi persaingan global dengan total skor EFAS 3.10 dan IFAS 3.16. Alternatif strategi yang dapat digunakan perusahaan dalam menghadapi persaingan global setelah dilakukan analisis pada QSPM yakni strategi pengembangan produk, dan diikuti dengan strategi perluasan pasar, serta didukung dengan beberapa alternatif cara guna mendukung kedua alternatif strategi tersebut.