Pengaruh Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Melakukan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (Studi Pada Wajib Pajak PBB-P2 Kecamatan Jombang Kabupaten Jom

Main Author: Yusnidar, Johan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116956/1/SKRIPSI_FULL_JOHAN_YUSNIDAR.pdf
http://repository.ub.ac.id/116956/
Daftar Isi:
  • Penelitian dengan judul Pengaruh Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib pajak Dalam Melakukan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang dilakukan pada Wajib Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan di Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel SPPT (X1), Pengetahuan Wajib Pajak (X2), Kualitas Pelayanan (X3), Kesadaran Wajib Pajak (X4), dan Sanksi Pajak (X5) secara parsial dan simultan terhadap variabel Kepatuhan Wajib Pajak (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research, dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang disebarkan kepada 116 Wajib Pajak PBB-P2 di Kecamatan Jombang. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda yang dibantu dengan software SPSS versi 13. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh gambaran rata-rata hasil jawaban responden untuk variabel SPPT (X1) adalah setuju dengan nilai mean sebesar 4,01. Pada Pengetahuan Wajib Pajak (X2) rata-rata responden setuju dengan mean sebesar 3,98. Kualitas Pelayanan (X3) rata-rata responden setuju dengan mean sebesar 3,76. Pada variabel Kesadaran Wajib Pajak (X4) rata-rata responden menjawab setuju dengan mean 4,13. Kemudian pada variabel Sanksi Pajak (X5) rata-rata responden menjawab setuju dengan mean 3,86. Sementara pada variabel Kepatuhan Wajib Pajak (Y) rata-rata jawaban responden juga menunjuk pada jawaban setuju, hal ini ditunjukkan dengan nilai mean sebesar 4,10. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa SPPT (X1), Pengetahuan Wajib Pajak (X2), Kualitas Pelayanan (X3), Kesadaran Wajib Pajak (X4), dan Sanksi Pajak (X5) berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap variabel Kepatuhan Wajib Pajak (Y). Berdasarkan distribusi frekuensi jawaban terendah pada penelitian ini didapatkan distribusi jawaban terendah terletak pada variabel kualitas pelayanan. Hal ini diharapkan adanya perhatian khusus dari Dinas Pendapatan Daerah guna mempertahankan serta meningkatkan kualitas pelayanan PBB-P2 terhadap Wajib Pajak.