Daftar Isi:
  • Memasuki era pasar bebas menyebabkan persaingan usaha diantara perusahaan-perusahaan yang ada semakin ketat. Kondisi demikian menuntut perusahaan untuk selalu mengembangkan strategi perusahaan agar dapat bertahan atau bahkan lebih berkembang. Untuk itu perusahaan perlu mengembangkan suatu strategi agar perusahaan bisa mengembangkan eksistensinya dan memperbaiki kinerjanya. Strategi yang tepat dalam rangka meningkatkan pertumbuhan perusahaan ditempuh dengan cara melakukan ekspansi baik itu internal maupun eksternal. Ekspansi internal dilakukan dengan menambah kapasitas produksi atau membangun divisi bisnis yang baru. Sedangkan ekspansi eksternal dapat dilakukan dalam bentuk penggabungan usaha. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif menggunakan data sekunder dengan metode statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data 8 rasio keuangan dari lima perusahaan yang terdaftar di BEI. Data yang digunakan diperoleh dari Laboratorium Pojok BEI Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji Paired Sample T-Test (uji Beda). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio keuangan perusahaan seperti Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Debt Ratio, Total Asset turnover Ratio, Return on Equity, Return in investment, Operating Profit Margin, Net Profit Margin. Hasil dari penelitian ini didapat delapan rasio keuangan yang diteliti dengan menggunakan uji beda, lima diantaranya tidak menunjukan hasil yang signifikan, karena nilai rasio yang ditunjukkan lebih baik saat sebelum melakukan akuisisi dibandingkan dengan setelah melakukan akuisisi. Debt to Equity ratio, Return on Equity dan Debt ratio adalah tiga diantara delapan rasio yang menunjukan adanya pengaruh yang signifikan setelah melakukan akuisisi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan kepada perusahaan yang akan menggunakan akuisisi sebagai salah satu strategi perusahaannya untuk dapat mengamati terlebih dahulu seluruh aspek dari perusahaan yang akan diakuisisi. Agar nantinya akuisisi yang dilakukan dapat memberikan dampak yang baik dan signifikan, juga dapat memberikan profit yang baik untuk perusahaan pengakuisi