Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian(Studi pada Warga Temenggungan RT 10 RW 01 Kelurahan Sukoharjo Kecamatan Klojen Kota Malang yang Melakukan Keputusan Pembelian Indomie

Main Author: Indahsari, RubiAyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116939/1/SKRIPSI_RUBI_FIA.pdf
http://repository.ub.ac.id/116939/
Daftar Isi:
  • Persaingan perdagangan antar merek produk lama dan kemunculan berbagai merek produk baru yang meramaikan persaingan pasar khususnya untuk kategori produk makanan cepat saji indomie. Penelitian ini diulas secara khusus, upaya yang dilakukan Indomie untuk mempertahankan posisinya sebagai market leader dengan cara membentuk dan meningkatkan ekuitas merek sekuat mungkin, karena ekuitas merek yang kuat dapat mendorong konsumen untuk melakukan keputusan pembelian dan menimbulkan loyalitas merek yang kuat terhadap produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel- variabel Kesadaran Merek (X1), Persepsi Kualitas(X2), Asosiasi Merek (X3), Loyalitas Merek (X4), secara simultan dan parsial terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel jenuh, dengan jumlah sampel adalah 58 orang responden yang memutuskan membeli Indomie. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kesadaran Merek (X1), Persepsi Kualitas(X2) , Asosiasi Merek (X3), dan Loyalitas Merek (X4) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai F hitung sebesar 23,360 dengan signifikasi F < 0,05 (α = 5%) dan nilai adjusted R square 0,638 . Hal ini berarti variabel Ekuitas Merek memberikan konstribusi secara bersama-sama terhadap Struktur Keputusan Pembelian sebesar 63,8% Sedangkan sisanya 36,2% akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Variabel Loyalitas Merek yang paling berpengaruh secara signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian sebesar 4,351 dan t tabel terhitung < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh yang signifikan dari Kesadaran Merek (X1), Persepsi Kualitas(X2), Asosiasi Merek (X3), Loyalitas Merek (X4) terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). 2) Variabel Loyalitas Merek (X4) berpengaruh dominan terhadap terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Oleh karena itu disarankan kepada produsen Indomie dapat mempertahankan serta meningkatkan kerja terhadap loyalitas merek.