Pengaruh Atmosfer Toko Terhadap Pembelian Impulsif (Survei pada Konsumen yang Melakukan Pembelian Impulsif pada Giant Hypermarket Mall Olympic Garden Kota Malang)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Pesan Atmosfer Toko terhadap Pembelian Impulsif. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Exterior (X1), General Interior (X2), Store Layout (X3), dan Interior Display (X4), sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu Pembelian Impulsif. Tempat yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Giant Hypermarket Mall Olmpic Garden Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan. Populasi pada penelitian ini yaitu Konsumen yang melakukan pembelian Impulsif di Giant Hypermarket Mall Olmpic Gardem. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 orang responden. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik sampling Purposif (purposive sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan Uji F dan Uji-t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Exterior (X1), (X2) General Interior, Store Layout (X3), dan Interior Display (X4) secara bersama-sama atau simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Pembelian Impulsif (Y) dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000 (< α 0,05). Nilai Adjusted R Square sebesar 0,607 atau 60,7%, artinya bahwa kontribusi secara bersama-sama variabel Exterior, General Interior, Store Layout, dan Interior Display terhadap variabel Pembelien Impulsif sebesar 60,7% dan sisanya yaitu sebesar 39,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Exterior (X1), General Interior (X2), Store Layout (X3), dan Interior Display (X4) secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Pembelian Impulsif (Y) dengan nilai signifikansi t variabel Exterior (X1) sebesar 0,000 (< α 0,05), nilai signifikansi t variabel Format General Interior (X2) 0,012 (< α 0,05), nilai signifikansi t variabel Store Layout (X3) sebesar 0,013 (< α 0,05), dan nilai signifikansi t variabel Interior Display (X4) sebesar 0,000 (< α 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Exterior (X1) merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap Pembelian Impulsif (Y) yang ditunjukkan dengan koefisien beta variabel Exterior lebih besar dari variabel lainnya, yaitu sebesar 0,342.