Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas Perusahaan

Main Author: Rahayu, Wiwik
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116899/1/SKRIPSI_WIWIK_RAHAYU.pdf
http://repository.ub.ac.id/116899/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan atas dasar praktik CSR di Indonesia yang masih sangat rendah, hal ini terbukti dengan adanya beberapa perusahaan asing maupun lokal telah menyebabkan pencemaran lingkungan dan sempat menjadi Headline di berita nasional. Good business dapat diwujudkan, jika pelaku usaha tidak hanya menciptakan bisnis yang secara ekonomi membawa keuntungan besar, namun juga harus disertai adanya perilaku bisnis yang berkualitas etis, yaitu dengan mewujudkan tanggung jawab social perusahaan (Corporate Social Responsibility). CSR akan menjadi strategi bisnis dalam perusahaan untuk menjaga atau meningkatkan daya saing melalui reputasi dan kesetiaan merk produk (loyalitas) atau citra perusahaan. Kedua hal tersebut akan menjadi keunggulan kompetitif perusahaan yang sulit untuk ditiru oleh para pesaing. Di lain pihak adanya pertumbuhan keinginan dari konsumen untuk membeli produk berdasarkan kriteria-kriteria berbasis nilai-nilai dan etika akan merubah perilaku konsumen di masa mendatang. Implementasi kebijakan CSR adalah suatu proses yang terus menerus dan berkelanjutan, dengan demikian akan tercipta satu ekosistem yang menguntungkan semua pihak (true win win situation). Konsumen mendapatkan produk unggul yang ramah lingkungan, produsenpun mendapatkan profit yang sesuai. Penelitian ini juga dilandasi oleh beberapa teori yaitu teori stakeholder dan teori legitimasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatory yaitu bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian yang dipilih adalah Pojok Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB). Variabel independen dalam penelitian ini yaitu pengungkapan CSR dan variabel dependen yaitu profitabilitas perusahaan (ROA dan ROE). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistic deskriptif dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan model regresi linear sederhana, oleh sebab itu data yang akan diolah terlebih dahulu harus bebas dari asumsi klasik (normalitas, autokorelasi, heterokedastisitas). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat signifikansi variabel pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap ROA sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility berpengaruh secara signifikan terhadap ROA. Hasil penelitian ini juga menunjukkan tingkat signifikansi variabel pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap ROE sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility berpengaruh secara signifikan terhadap ROE. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu guna mengoptimalkan profitabilitas perusahaan, perusahaan diharapkan lebih terbuka mengungkapkan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan tanggung jawab sosial perusahaan dalam laporan tahunannya.