Efektifitas Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP) (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Utara

Main Author: Lestari, Marina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116835/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/116835/
Daftar Isi:
  • Pajak merupakan salah satu penerimaan utama negara yang diatur dalam undang-undang dan dibayarkan oleh wajib pajak untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran kolektif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan umum. Pajak dikelola oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP), di bawah naungan Departemen Keuangan Republik Indonesia. Menyadari akan pentingnya data dan informasi subjek dan objek pajak maka dibentuk Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP) dengan menggunakan database yang tersentralisasi untuk pendukung seluruh kegiatan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana gambaran SIDJP serta efektifitas SIDJP yang ada pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Utara. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner sebagai alat pengumpul data utama. Analisis data yang digunakan adalah menetapkan nilai distribusi frekuensi dan menetapkan nilai modus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIDJP yang diterapkan pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Utara dapat dikatakan efektif berdasarkan perhitungan distribusi frekuensi dan nilai modus masing-masing variabel dari kuesioner yang disebarkan pada 44 responden. SIDJP memiliki performa sistem yang baik dilihat dari hardware dan software yang digunakan. Informasi yang dihasilkan SIDJP memberikan manfaat dalam pengambilan keputusan. Adanya kepuasan pengguna terhadap SIDJP. Penggunaan SIDJP yang meningkatkan kualitas pelayanan. Meningkatnya kinerja KPP Pratama Malang Utara dalam menjalankan kegiatannya.