Pengaruh City Branding Terhadap City Image dan Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Banyuwangi
Main Author: | Jannah, Bidriatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116826/1/PENGARUH_CITY_BRANDING_DAN_CITY_IMAGE_TERHADAP_KEPUTUSAN_BERKUNJUNG.pdf http://repository.ub.ac.id/116826/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh City Branding terhadap City Image; (2) pengaruh City Branding terhadap Keputusan Berkunjung; dan (3) pengaruh City Image terhadap Keputusan Berkunjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 116 orang responden yang merupakan wisatawan yang berkunjung di Banyuwangi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini dari analisis jalur diketahui bahwa: (1) variabel city branding (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel city image (Y1) (2) variabel city branding (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung (Y2) (3) variabel city image (Y1) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung (Y2). Dengan demikian Pemerintah Kabupaten Banyuwangi hendaknya lebih meningkatkan lagi promosi pariwisatanya tentang The Sunrise Of Java agar lebih dikenal di masyarakat Banyuwangi maupun di luar Banyuwangi. Agar terbentuk city image yang diinginkan sebagai kota wisata serta memperbaiki infrastruktur yang ada di Banyuwangi supaya memudahkan wisatawan untuk berkunjung.