Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada warga Desa Kabongan Kidul Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang yang pernah MemilihJasa Transpotasi PO Nusantara rute Cepu-Blora-
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama dan pengaruh secara sendiri-sendiri antara variabel BauranPemasaranJasa(X) terhadapKeputusanPembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatory research denganteknikpengambilan sampling accidental sampling, penelitian ini dirancang untuk menjelaskan hubungan kausal yang terjadi antara variabel-variabel Bauran Pemasaran Jasa (X) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Bauran Pemasaran Jasa(X) dalam penelitian ini terdiri dari tujuh variabel bebas yaitu adalah Produk (X1), Harga (X2), Promosi(X3), Tempat (X4), Orang (X5), Proses (X6), dan Layanan Pelanggan (X7), sedangkan satu variabel terikat yaitu Struktur Keputusan Pembelian (Y1). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada warga Desa Kabongan Kidul Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang yang pernah memilihjasa transportasi PO Nusantara rute Cepu-Blora-Rembang-Jakarta sebanyak 90 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan yaituuji validitas dan reliabilitas;analisisdeskriptif; analisis regresi linier berganda;dananalisisregresiparsial.. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan analisis regresi linier bergandadapatdiketahuibahwasecarabersama-samavariabelbebas yang terdiridariProduk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Tempat (X4), Orang (X5), Proses (X6), dan Layanan Pelanggan (X7)mempunyaipengaruh yang signifikanterhadapStruktur Pembelian (Y1) dengan nilai Adjusted R Square yaitu sebesar 71,1%. Hasilpenelitianjugamenunjukkanbahwasecarasendiri-sendirimempunyaipengaruhpositifterdapat pengaruh yang signifikan dan tidak signifikan antara variabel bebas dari Bauran Pemasaran Jasa (X) terhadap Struktur Pembelian (Y1). Variabel yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap Struktur Pembelian(Y1) yaitu Harga(X2) sebesar 95,4%; Tempat (X4) sebesar 97,3%; Orang (X5) sebesar 95,8%; dan Layanan Pelanggan (X7) sebesar 98,9%. Sedangkan variabel yang mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian(Y1) yaitu Produk (X1)sebesar 54,1%; Promosi (X3) sebesar 27,6%; dan Proses (X6) sebesar 71,3%. Dapat diketahui bahwa variabel Layanan Pelanggan memiliki pengaruh yang dominan terhadap Struktur Pembelian(Y1) dibandingkan dengan variabel lainnya dengan persentase tertinggi yaitu sebesar 98,9%. Hal iniberartibahwapadaBauranPemasaranJasa (X), variabelLayananPelanggan (X7)lebihdiutamakanolehkonsumen.Apabilaperusahaaninginmenjagadanmeningkatkankualitaspelayanan, makadapatmeningkatkanBauranPemasaranJasa, terutamavariabelLayananPelanggan (X7).