Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian, (Survei pada Pengunjung yang Melakukan Pembelian pada Biker’s Resto dan Cafe di Kota Malang

Main Author: Febiana, Dina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116774/1/PDF_FULL_SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/116774/2/RINGKASAN_%26_SUMMARY_DINA.pdf
http://repository.ub.ac.id/116774/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Beli; (2) pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian; dan (3) pengaruh Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 114 orang responden yang merupakan pengunjung yang melakukan pembelian di Biker’s Resto dan Cafe Jl. Terusan Dieng No. 46 Kota Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebar kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: (1) variabel word of mouth (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli (Y1) dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,603 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05); (2) variabel word of mouth (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y2) dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,164 dan tingkat signifikansi 0,021 (p<0,05); (3) variabel minat beli (Y1) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y2) dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,701 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar pihak perusahaan Biker’s resto dan cafe dapat mempertahankan serta meningkatkan, diantaranya dengan menambah inovasi jenis makanan dan minuman, lebih memperbaiki pelayanan yang cepat, memperhatikan kebersihan tempat sehingga keputusan pembelian akan meningkat dan loyal dalam mengkonsumsi sajian-sajian di Biker’s Resto dan Cafe.