Model Keberhasilan Belajar Mahasiswa Menggunakan Learning Management System (Studi pada Mahasiswa S1 Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Angkatan 2012)
Main Author: | Alfan, Zahirul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116758/1/SKRIPSI_FULL.pdf http://repository.ub.ac.id/116758/2/3._DAFTAR_ISI.pdf http://repository.ub.ac.id/116758/3/5._BAB_I.pdf http://repository.ub.ac.id/116758/ |
Daftar Isi:
- Teknologi banyak digunakan dalam pendidikan untuk membantu meningkatkan proses maupun hasil pembelajaran . Teknologi yang dalam dunia pendidikan yang dikenal saat ini adalah e-learning / Learning Management System Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pemanfaatan LMS untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa menggunakan variabel-variabel model kesuksesan sistem informasi DeLone & McLean (2003). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 orang mahasiswa PTIIK UB yang telah menggunakan LMS di PTIIK. Teknik pengambilan sampel menggunakan sistematic random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur ( path analysis ). Hasil pengujian secara statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas sistem terhadap penggunaan LMS yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,021 (p<0,05); terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara kualitas informasi terhadap penggunaan LMS yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,239 (p>0,05); terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap penggunaan LMS yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,001 (p<0,05); pengaruh antara kualitas sistem terhadap kepuasan mahasiswa signifikan yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,033 (p<0,05);terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara kualitas informasi terhadap kepuasan mahasiswa yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,283 (p>0,05). );terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,022 (p<0,05). );terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan LMS terhadap kinerja mahasiswa yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,000 (p<0,05) );terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan mahasiswa terhadap kinerja mahasiswa yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,000 (p<0,05) );terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan terhadap kepuasan mahasiswa yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,000 (p<0,05). Saran-saran untuk bagi PTIIK agar terus meningkatkan kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, penggunaan LMS dan kepuasan mahasiswa sehingga terciptanya kinerja mahasiswa yang lebih baik lagi.