Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Monopoli Cafe and Resto Soekarno Hatta Malang)
Main Author: | Putri, LilyHarlina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116733/1/SKRIPSI_LILY_PDF.pdf http://repository.ub.ac.id/116733/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian; (2) pengaruh store atmosphere terhadap kepuasan pelanggan; (3) pengaruh keputusan pembelian terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi store atmosphere, keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Monopoli Cafe and Resto Soekarno Hatta Malang yang pernah membeli minimal 2 kali. Sampel sebanyak 112 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur ( path analysis ). Hasil analisis jalur ( path analysis ) menunjukkan bahwa: (1) Variabel store atmosphere (X 1 ) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y 1 ); (2) Variabel store atmosphere (X 1 ) berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y 2 ); (3) Variabel keputusan pembelian (Y 1 ) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y 2 ). Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar Monopoli Cafe and Resto tetap menjaga keunggulan store atmosphere yang dimiliki, karena sebagian pelanggan memutuskan membeli karena store atmosphere -nya, dan tetap menjadikan kepuasan pelanggan sebagai salah satu tujuan utama Monopoli Cafe and Resto karena hal tersebut berdampak besar pada pembelian selanjutnya.