Pengaruh Pelaksanaan Sensus Pajak Nasional, Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu)
Main Author: | Mareta, Emielia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116701/1/051407332.pdf http://repository.ub.ac.id/116701/ |
Daftar Isi:
- Pelaksanaan Sensus Pajak Nasional (SPN) adalah dalam rangka meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak. Hasil yang akan dicapai dengan diadakannya SPN yaitu memperluas basis pajak, meningkatkan kepatuhan penyampaian Surat Pemberitahuan, meningkatkan penerimaan pajak, memutakhirkan basis data, sosialisasi dan edukasi. Penjaringan Wajib Pajak baru ataupun Wajib Pajak yang lama untuk meningkatkan kepatuhan membutuhkan pelayanan yang berkualitas dari aparat pajak dan pengetahuan di bidang perpajakan yang lebih kompleks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel Pelaksanaan Sensus Pajak Nasional, kualitas pelayanan, pengetahuan pajak secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui dari variabel Pelaksanaan Sensus Pajak Nasional, kualitas pelayanan dan pengetahuan pajak, variabel mana yang paling dominan berpegaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian explanatory. Sampel penelitian yang digunakan adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar dan telah di SPN pada KPP Pratama Batu. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, Hasil Uji Simultan diketahui bahwa nilai Fhitung sebesar 175.149 dan Ftabel sebesar 2,45 (Fhitung > Ftabel), yang dapat disimpulkan bahwa secara simultan pelaksanaan SPN, kualitas pelayanan dan pengetahuan pajak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Hasil uji dominan dengan nilai Standardized Coefficients Beta, variabel pelaksanaan SPN sebesar 0,220, variabel kualitas pelayanan sebesar 0,275, pengetahuan pajak sebesar 0,617. Maka pengetahuan pajak merupakan variabel paling dominan berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Diharapkan pihak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu dapat meningkatkan pengetahuan Wajib Pajak. Peningkatan pengetahuan Wajib Pajak dapat diantaranya dengan merencanakan target per bulan dalam melakukan sosialisasi, penyuluhan peraturan perpajakan terbaru dan peraturan perpajakan yang lama dan aparat pajak lebih sering turun ke lapangan untuk memberikan edukasi secara mendalam.