Pengaruh Kualitas Layanan Petugas Tempat Pelayanan Terpadu Dan Tingkat Pemahaman Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak di Wilayah Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya
Main Author: | Purnamasari, YuanitaAyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116696/2/SKRIPSI_LENGKAP_BURN.pdf http://repository.ub.ac.id/116696/ |
Daftar Isi:
- Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan terbesar negara yang digunakan untuk membiayai pembangunan nasional. Dalam upaya meningkatkan penerimaan pajak, sangat diperlukan budaya melayani yang baik dari instansi Pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh variabel kualitas layanan petugas Tempat Pelayanan Terpadu (X1) dan tingkat pemahaman Wajib Pajak (X2) secara simultan dan parsial terhadap kepatuhan Wajib Pajak (Y). Metode Penelitian yang digunakan adalah metode explanatory research, dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang disebarkan kepada 100 Wajib Pajak terdaftar di KPP Pratama Surabaya Wonocolo. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda yang dibantu dengan software IBM SPSS Statistics 21. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh gambaran rata-rata hasil jawaban responden untuk variabel Kualitas layanan petugas Tempat Pelayanan Terpadu (X1) adalah baik dengan nilai mean 4,05. Pada variabel Tingkat Pemahaman Wajib Pajak (X2) menunjukkan bahwa tingkat pemahaman wajib pajak baik dengan nilai mean 3,64. Sementara pada variabel kepatuhan Wajib Pajak (Y) menunjukkan bahwa kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Surabaya Wonocolo tinggi dengan nilai mean 4,06. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel Kualitas layanan petugas Tempat Pelayanan Terpadu (X1) dan Tingkat Pemahaman Wajib Pajak (X2) mempunyai pengaruh secara simultan dan signifikan terhadap variabel Kepatuhan Wajib Pajak (Y). Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji F dimana F hitung> F tabel yaitu 71,230 > 2,358 dan signifikansi < 0,1. Selain itu, nilai adjusted R2 sebesar 58,7% variabel kepatuhan Wajib Pajak akan dipengaruhi oleh variabel bebas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis secara parsial, seluruh variabel bebas berpengaruh secara parsial terhadap variabel terikat yaitu kepatuhan Wajib Pajak. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukkan bahwa t hitung > t tabel dan nilai signifikansi < 0,1. Variabel Kualitas layanan petugas Tempat Pelayanan Terpadu merupakan variabel yang paling dominan.