Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen WWW.GETSCOOP.COM)

Main Author: Alhasanah, JihanUlya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116673/
Daftar Isi:
  • Dunia bisnis saat ini berkembang pesat diiringi dengan kemajuan teknologi yang menunjang kegiatan bisnis. Salah satunya ditandai dengan hadirnya teknologi informasi berupa internet. Internet inilah yang memiliki andil cukup besar pada kemunculan e-commerce . Pertumbuhan jumlah pengguna internet di dunia maupun di Indonesia juga telah meningkatkan nilai pada e-commerce. Dengan adanya peningkatan nilai pada e-commerce mempengaruhi beberapa perkembangan konsep pemasaran khususnya pada perilaku konsumen secara online. Pada konsumen online melakukan transaksi secara online akan meningkatkan pertimbangan ketidakpastian dan resiko yang terjadi. Faktor pendukung pada kegiatan e-commerce adalah dengan adanya website . Pengukuran kualitas website yang dilakukan konsumen dapat membantu perusahaan e-commerce untuk melakukan optimasi dan perawatan web sesuai kebutuhan konsumen sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan konsumen. Oleh sebab itu, peneliti ingin menguji hubungan kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi layanan terhadap keputusan pembelian online pada salah satu situs e-commerce Indonesia yaitu www.getscoop.com. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory yang menunjukkan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian dengan pengujian hipotesis. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi layanan. Variabel dependennya adalah keputusan pembelian online . Penelitian ini mengambil populasi di www.getscoop.com dengan jumlah sampel 150 responden. Teknik pengumpulan sampel menggunakan aksidental dan pengumpulan data menggunakan kuesioner online . Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis ini, terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan terhadap variabel keputusan pembelian online secara simultan. Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel-variabel kualitas web yaitu kegunaan dan kualitas interaksi layanan terhadap variabel keputusan pembelian online pada konsumen www.getscoop.com secara parsial. Namun secara parsial tidak terdapat pengaruh yang signifikan (benar dan meyakinkan) pada variabel kualitas informasi terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas interaksi layanan mempunyai pengaruh yang dominan terhadap variabel keputusan pembelian online