Strategy Of Bank Sampah Malang (Bsm) To Empowering Commmunity Through The Waste Management Innovation
Main Author: | Thalanta, RinoOktatiansyahAdam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116658/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya anggapan dari masyarakat bahwa sampah adalah bahan sisa yang tidak bias dipakai lagi atau didaur ulang.karena selama ini sampah menjadi masalah utama yang dihadapi oleh kota besar di Indonesia. Terbatasnya pengetahuan masyarakat akan pengelolaan sampah dan sedikitnya peran serta masyarakat dalam mengelola sampah, menjadi alas an utama sampah tersebut menimbun dan menimbulkan masalah yang kompleks. Jika dilihat sampah sebenarnya dapat dijadikan bahan yang bernilai ekonomis dan juga dapat memberdayakan masyarakat. Untuk itu Bank Sampah Malang mempunyai strategi agar dapat memberdayakan masyarakat melalui inovasi pengelolaan sampah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Jenis dan sumber data diperoleh melalui key informan atau narasumber yang terpercaya atau pengurus kelompok Bank Sampah Malang dan pengurus kelompok binaan. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk instrument penelitian yaitu berupa peneliti sendiri, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Untuk metode analisi, peneliti menggunakan metode Miles dan Hubermman dengan metode analisis interaktif yaitu berupa reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah strategi Bank Sampah Malang dalam memberdayakan masyarakat yaitu dengan adanya inovasi pengelolaan sampah, memberdayakan melalui pelatihan, dan bantuan dari pemerintah. Selain it, terdapat juga dalam mewujudkan kesejahteraan melalui inovasi pengelolaan sampah Bank Sampah Malang juga menggunakan tabungan untuk nasabah dan juga menyerap tenaga kerja di wilayah sekitar Bank sampah Malang. Selain itu juga terdapat kelompok binaan yang berhasil dalam mengimplementasikan pelatihan dan kegiatan pengelolaan sampah. Strategi yang dilakukan oleh Bank Sampah Malang dapat dikatakan berhasil, tetapi masih ada kendala yang menghadapi seperti masih banyaknya masyarakat yang belum sadar akan pentingnya mengelola sampah. Bank sampah Malang perlu terus menerus dalam melakukan sosialisasi agar kegiatan inovasi pengelolaan sampah ini dapat diikuti oleh seluruh elemen masyarakat.