Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Angkatan 2010/2011 dan 2011/2012 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Mem
Main Author: | Shofianah, Ely |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116636/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Harga (X1), Kualitas (X2), Desain (X3), dan Garansi (X4) secara bersama-sama dan parsial terhadap Proses Keputusan Pembelian (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory research (penelitian penjelasan). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 orang responden yang merupakan mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Angkatan 2010/2011 dan 2011/2012 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang membeli Produk Plastik Tupperware. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama dan pengaruh secara parsial antara variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa F signifikan yaitu 0,000 (α < 0,05), yang berarti bahwa secara bersama-sama variabel-variabel Harga (X1), Kualitas (X2), Desain (X3), dan Garansi (X4) mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel Proses Keputusan Pembelian (Y). Hasil R2 (Koefisien Determinasi) sebesar 0,676, berarti bahwa 67,6% variabel Proses Keputusan Pembelian akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Harga (X1), Kualitas (X2), Desain (X3), dan Garansi (X4). Sedangkan sisanya sebesar 32,4% akan dipengaruhi oleh variabelvariabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial dengan membandingkan taraf signifikansi α yaitu 0,05. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai signifikansi t 0,027 untuk variabel Harga (X1), Kualitas (X2) sebesar 0,041, Desain (X3) sebesar 0,000, dan Garansi (X4) sebesar 0,041. Hal ini menunjukkan nilai signifikan t untuk masing-masing variabel bebas kurang 0,05 (nilai signifikansi t < 0,05) yang berarti keempat variabel bebas mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel terikat secara parsial. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa variabelvariabel dalam Atribut Produk baik secara bersama-sama maupun secara parsial mempunyai pengaruh terhadap Proses Keputusan Pembelian. Keempat variabel bebas tersebut menunjukkan variabel Desain (X3) memiliki pengaruh yang dominan terhadap Proses Keputusan Pembelian dan variabel Garansi (X4) memiliki pengaruh yang paling rendah. Saran yang bisa diberikan dalam hal ini adalah perusahaan dapat mempertimbangkan lama garansi produk yang diberikan, karena variabel Garansi mempunyai pengaruh yang paling rendah dalam mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian. Garansi seumur hidup yang diberikan oleh Produk Plastik Tupperware membuat konsumen menjadi kurang percaya dan kurang yakin akan kualitas produk tersebut. Sebaiknya perusahaan lebih mempertimbangkan pemberian garansi yang terlalu lama terhadap Produk Plastik Tupperware agar konsumen menjadi semakin percaya terhadap kualitas produk tersebut.