Impelementasi Program Listrik Pintar (Listrik Prabayar) dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus pada PT. PLN (Persero) APJ Kota Malang)
Main Author: | Susilo, AditaNugrohoPuji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116623/1/BAB_I.pdf http://repository.ub.ac.id/116623/2/BAB_II.pdf http://repository.ub.ac.id/116623/3/BAB_III.pdf http://repository.ub.ac.id/116623/4/BAB_V.pdf http://repository.ub.ac.id/116623/4/BAB_IV.pdf http://repository.ub.ac.id/116623/5/COVER.pdf http://repository.ub.ac.id/116623/6/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://repository.ub.ac.id/116623/7/LAMPIRAN.pdf http://repository.ub.ac.id/116623/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasari oleh sebab PT. PLN (Persero) ingin memberikan pelayanan sebagai upaya pasti dalam memberikan public service yang maksimal untuk kepentingan dan kemajuan bangsa. PT. PLN (Persero) menyadari kebutuhan listrik masyarakat yang semakin ketergantungan akan adanya tenaga listrik, dengan terus melakukan berbagai kajian untuk meningkatkan mutu pelayanan dengan menawarkan berbagai program layanan. PT. PLN (Persero) mempunyai komitmen untuk selalu menyuguhkan pelayanan yang inovatif dan terbaik bagi konsumen. Pengembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap peningkatan kebutuhan dan keinginan masyarakat modern akan suatu layanan yang mampu memberikan kemudahan, kecepatan, dan kepraktisan dalam bertransaksi. Masyarakat dewasa ini sangat membutuhkan segalanya menjadi lebih mudah. Menyikapi tuntutan tersebut, maka PT. PLN (Persero) mengembangkan suatu produk layanan berbasis teknologi informasi yang disebut dengan “Listrik Prabayar”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menghasilkan suatu kesimpulan bahwa implementasi program Listrik Pintar (Listrik Prabayar) Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Kota Malang yang diselenggarakan oleh PT. PLN (Persero) APJ Kota Malang sudah berjalan dengan baik. Hal ini didasarkan pada hasil yang diperoleh peneliti di lapangan dimana indikator penilaian menunjukkan hasil yang baik. Penulis memberikan solusi terkait dengan implementasi Program Listrik Prabayar dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik tersebut yaitu: 1. Dihimbau agar pihak PT. PLN (Persero) lebih memperbanyak pasokan produksi kWh Meter guna mencukupi kebutuhan para pelanggan PLN, 2. Perlunya suatu sosialisasi dan promosi dari pihak PT. PLN (Persero) APJ Kota Malang yang lebih agar lebih mendekatkan diri kepada masyarakat sehingga masyarakat terbujuk untuk bisa menggunakan listrik prabayar, 3. Program Listrik Prabayar akan berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan apabila terjadi kerjasama yang baik antara pihak aparatur PT. PLN (Persero) APJ Kota Malang dengan pelanggan.