Analisis Pengaruh Gaya Hidup Mahasiswa Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Starbucks, Kota Malang
Main Author: | Putri, Febri Suryaning |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/11661/ |
Daftar Isi:
- Kopi merupakan salah satu minuman yang diminati di kalangan mahasiswa. Tingginya minat konsumsi kopi ini dibuktikan dengan peningkatan konsumsi kopi di Indonesia setiap tahunnya. Peningkatan konsumsi kopi juga terjadi di kalangan mahasiswa dan mencapai angka 50%. Peningkatan konsumsi kopi di kalangan mahasiswa dapat disebabkan oleh perubahan gaya hidup. Gaya hidup merupakan gambaran mengenai cara mahasiswa berperilaku, membelanjakan uangnya dan memanfaatkan waktu. Gaya hidup dapat dibagi menjadi tiga dimensi utama yaitu aktivitas, minat, dan pendapat. Aktivitas merupakan segala hal yang dilakukan mahasiswa untuk membelanjakan dan memanfaatkan waktunya. Minat merupakan preferensi atau keinginan mahasiswa terhadap hal tertentu.. Sedangkan pendapat merupakan pandangan mahasiswa mengenai topik tertentu. Terdapat kecenderungan mahasiswa untuk membeli produk dengan merek global. Produk dengan merek global diartikan sebagai simbol dari gaya hidup global. Oleh karena itu penting untuk mengetahui bagaimana gaya hidup mahasiswa dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian kopi Starbucks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik mahasiwa yang membeli kopi Starbucks serta mengetahui pengaruh gaya hidup mahasiswa yang mendorong keputusan pembelian kopi Starbucks. Penelitian ini dilakukan di Universitas Brawijaya pada bulan Februari 2018. Data yang digunakan merupakan data primer yang diambil melalui kuesioner pada 100 mahasiswa yang bersedia menjadi responden dan pernah melakukan pembelian kopi Starbucks. Data tersebut dianalisis menggunakan metode SEM-PLS dengan software WarpPLS versi 5.0. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui karakteristik mahasiswa yang membeli kopi Starbucks dan bagaimana gaya hidup dapat mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam melakukan pembelian kopi Starbucks. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis variabel aktivitas, minat dan pendapat yang menghasilkan pengaruh yang signifikan. Aktivitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada kopi Starbucks. Aktivitas yang dimaksud di sini adalah kegiatan perkuliahan, hobi, keanggotaan kelompok, dan komunitas. Minat berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Minat yang diteliti di sini adalah minat perkuliahan, minuman, dan media. Pendapat juga memberikan pengaruh pada keputusan pembelian kopi Starbucks. Pendapat yang dimaksud merupakan pendapat mengenai diri sendiri dan hubungan sosial. Aktivitas dan minat memberikan pengaruh moderat sedangkan pendapat berpengaruh kecil. Hal ini berarti bahwa aktivitas dan minat mahasiswa merupakan faktor yang mendominasi mahasiswa dalam memutuskan untuk membeli kopi Starbucks. Sedangkan pendapat merupakan faktor pendukung dalam keputusan pembelian mahasiswa melakukan pembelian kopi Starbucks. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gaya hidup mahasiswa dapat mempengaruhi keputusan pembelian kopi Starbucks.