Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Pengadaan Secara Elektronik (E-Procurement)
Main Author: | Wijayanti, NovitaPaskarinda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 1900
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116596/1/Novita_Paskarinda_W_%28105030507111004%29.pdf http://repository.ub.ac.id/116596/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, serta menjelaskan pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pengguna Sistem Pengadaan Secara Elektronik (e-Procurement), dan mengetahui variabel apakah yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini dilakukan di LPSE Kabupaten Malang dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat pendekatan kuantitatif. Dengan menyebarkan kuisioner kepada responden sebanyak 123 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen kuisioner, selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis dengan Analisis Korelasi, Uji Asumsi klasik, Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan diperoleh Fhitung > Ftabel (42,779>2,79) dan memiliki sig F<0,05 yaitu sebesar 0,000, sehingga menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas sistem (X1), kualitas informasi (X2), dan kualitas pelayanan (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pengguna (Y). Demikian pula dengan uji parsial, untuk variabel kualitas sistem (X1) diperoleh koefisien regresi sebesar 0,312 dan thitung lebih besar dari ttabel (3,156>1,980), variabel kualitas informasi (X2) diperoleh koefisien regresi sebesar 0,268 dan thitung lebih besar dari ttabel (2,501>1,980), dan variabel kualitas pelayanan (X3) diperoleh koefisien regresi sebesar 0,373 dan thitung lebih besar dari ttabel (4,814>1,980), sehingga secara parsial kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Adapun variabel kualitas pelayanan (X3) merupakan variabel paling berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa peranan kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna Sistem Pengadaan Secara Elektronik (e-Procurement) Pemerintah Kabupaten Malang berada pada posisi rendah. Sedangkan peranan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna Sistem Pengadaan Secara Elektronik (e-Procurement) Pemerintah Kabupaten Malang tergolong cukup kuat. Adapun saran yang perlu dipertimbangkan untuk instansi terkait hendaknya terus meningkatkan khususnya pada kualitas sistem, kualitas informasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (e-Procurement), karena dengan terus meningkatkan kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan maka akan terjadi kepuasan pengguna dalam melakukan pengadaan barang/jasa secara elektronik, sehingga pelaksanaan pengadaan barang/jasa Pemerintah Kabupaten Malang akan lebih efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing secara sehat, adil, dan akuntabel.